Cara Ternak Angsa Dengan Mudah

Cara Ternak Angsa Dengan Mudah


Cara Ternak Angsa - Ragam Ternak
Cara Ternak Angsa - Ragam Ternak


Kemarin kita sudah membahas mengenai Cara Ternak Anis Kembang BagiPemula. Kini kita akan membahas mengenai bagaimana Cara Ternak Angsa Dengan Mudah. Hewan unggas yang bertubuh besar yang satu ini juga cukup memberikan peluang untuk kita dalam usaha rumahan. Tentunya usaha ini bisa menambah kebutuhan kita di lain hari. Cara Ternak Angsa sendiri terbilang sangat mudah dan tidak memerlukan usaha yang kuat dalam menjalankannya. Namun, kita juga harus memperhatikan beberapa hal agar ternak angsa kita berjalan dengan mulus dan membuahkan hasil yang menguntungkan bagi kita.

Sebelum kita memulai bagaimana Cara Ternak Angsa,  kita kenali dahulu hewan yang satu ini. Angsa merupakan burung air yang bertubuh besar dari kelompok genus cignus kelompok keluarga Anatidae. Angsa ini merupakan hewan yang setia dan tidak berganti – ganti pasangan seperti halnya yang sering dilakukan oleh unggas jenis lain. Ada tiga jenis angsa yang tersebar di berbagai belahan dunia yaitu angsa putih, angsa trompet, dan angsa Whooper yang dapat tumbuh hingga 60 inci dan berat 50 pound.


Itulah cuplikan mengenai hewan unggas air terbesar di dunia ini. Sekarang saatnya kita untuk membahas bagaimana Cara Ternak Angsa Dengan Mudah. Ada beberapa tahapan yang harus kita perhatikan dalam ternak angsa yaitu :

1.       Menyiapkan Kandang
2.       Memilih indukan angsa atau bibit angsa
3.       Merawat angsa dan kandang

1.       Menyiapkan Kandang


 
Cara Ternak Angsa - Ragam Ternak
Contoh Kandang Angsa - Ragam Ternak
Menyiapkan kandang sangat penting dalam hal ternak angsa, karena jika kita sudah menyediakan kandang sebelum membeli indukan angsa akan memudahkan kita dalam ternak angsa ini. Kandang yang bisa digunakan sama halnya seperti kandang bebek biasa yang bisa anda liha dengan membaca artikel sebelumnya Cara Ternak Bebek Dengan Mudah Bagi Pemula. Namun yang berbeda untuk kandang angsa adalah dengan menambahkan kotak kurang lebih berukuran 30x30x30 cm atau lebih untuk angsa indukan yang bertelur dengan menambahkan alas di dalam kotak dengan jerami.


2.       Memilih indukan angsa atau bibit angsa


Langkah Cara Ternak Angsa selanjutnya adalah memilih bibit angsa atau memilih indukan angsa. Ada beberapa kriteria yang harus kita ketahui.

Memilih indukan angsa


1.       Pilih angsa yang sudah berjodoh karena pada dasarnya angsa mempunyai sifat seperti merpati
2.       Pilihlah indukan yang bertubuh sehat (tidak memiliki cacat pada bagian luar tubuh)
3.       Bergerak dengan lincah (tidak pincang)
4.       Terjauh dari virus

Memilih bibit angsa


1.       Memiliki tubuh yang sehat
2.       Bergerak dengan lincah
3.       Tidak memiliki luka pada bagian luar
4.       Tidak terkena virus


3.       Merawat angsa dan kandang


Langkah Cara Ternak Angsa selanjutnya adalah merawat kondisi angsa dan kandang angsa. Karena dengan merawat kedua factor tersebut akan membuat angsa tetap terjaga dari serangan virus (penyakit) yang dapat menyebabkan kematian pada angsa.


Merawat angsa


Untuk merawat angsa sendiri sangat mudah hanya dengan memberikan asupan makanan yang bergizi tinggi dan mengandung protein lebih. Ada perbedaan untuk merawat angsa sesuai jenisnya yaitu angsa dewasa, anak angsa, dan angsa yang sedang bertelur.

a.       Angsa Dewasa

Untuk angsa dewasa, berilah asupan pakan yang cukup dan biarkan berkeliaran di sekeliling halaman rumah agar angsa tidak stress, sediakan juga kolam air agar angsa dapat berenang, karena hewan yang satu ini merupakan jenis hewan senang sekali berenang di air.

b.      Anak Angsa

Untuk anak angsa yang baru menetas, berilah pakan unggas starter berprotein tinggi yang biasa digunakan untuk unggas jenis ayam dan lainnya. Namun anak angsa ini bisa bertahan selama 72 jam tidak makan setelah menetas karena masih menyimpan sisa makanan yang diserap dari kuning telur. Jika anda ingin memisahkan anak angsa dari induknya, sediakan kotak yang berukuran cukup luas untuk jumlah anak angsa yang ada dengan menambahkan lampu bohlam sebagai penghangat tubuhnya sebelum anak angsa bisa digembalakan.


c.       Angsa yang sedang bertelur

Untuk angsa yang sedang bertelur ini memang sedikit lebih ekstra untuk merawatnya karena angsa merupakan hewan yang sembarangan menaruh telurnya, jika anda memiliki lebih dari satu indukan angsa, sediakan kotak untuk bertelur dengan nomor yang ditulis pada kotak untuk mencegah angsa yang pergi meninggalkan telur yang belum menetas (telur indukan angsa lain).


Merawat kandang


Untuk merawat kandang juga penting, karena dengan kebersihan kandang akan membuat angsa terbebas dari beragam penyakit dan akan membuat angsa lebih bertahan lama untuk hidup. Bersihkanlah kandang secara menyeluruh dari mulai lantai kandang, dinding kandang hingga atap kandang secara berkala dengan sabun agar jauh dari kuman.

Demikian artikel mengenai Cara Ternak Angsa Dengan Mudah yang dapat Ragam Ternak sampaikan dengan singkat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ternak Angsa Dengan Mudah"

Post a Comment