Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah


Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah

Cara Ternak Blackthroad Dengan Mudah - Ragam Ternak
Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah - Ragam Ternak

Blackthroat merupakan salah satu burung kicau yang banyak digemari juga di Indonesia, selain suaranya yang unik, bentuk dan corak tubuhnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi burung yang satu ini. Balckthroat merupakan burng petengger yang berasal dari Tiongkok dan Thailand yang memiliki nama ilmiah Luscinia obscura dan masih kerabat dekat dengan burung kenari dan gereja.


Kali ini Ragam Ternak akan membahas bagaimana Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah, dengan beberapa tips dan trik yang akan kami sampaikan.  Dengan membaca deskripsi mengenai burung ini yang ditulis diatas, tentunya cara ternak burung yang satu ini juga akan mudah dan hamper sama dengan Burung Kenari.



Beberapa yang harus diperhatikan dalam hal ternak burung Blackthroat adalah :

1.       Manyiapkan kandang penangkaran
2.       Memilih indukan Blackthroat yang baik
3.       Membedakan mana Blackthroat jantan dan betina
4.       Menjodohkan Burung Blackthroat
5.       Merawat burung blackthroat ketika dalam penangkaran

1.       Manyiapkan kandang penangkaran

Kandang Penangkaran Blackthroad - Ragam Ternak
Kandang Penangkaran Blackthroat - Ragam Ternak

Mengapa setiap kali Ragam Ternak membuat artikel mengenai beragam cara ternak selalu menyarankan agar menyiapkan kandang penangkaran lebih awal?. Karena kandang penangkaran memang hal yang paling pokok dalam hal budidaya/ternak hewan.

Untuk kandang ternak yang cocok untuk Blackthroat ada 2 jenis yaitu kandang diam dan kandang gantung. Terserah bagaimana anda ingin menyiapkan kandang ternak yang berjenis apa. Namun untuk mencegah stress pada burung blackthroat, usahakan anda memilih kandang diam dan taruh di tempat yang sejuk dan jauh dari keramaian.

Didalam kandang tersebut siapkan juga tempat sarang yang bisa anda beli di toko burung terdekat. Dan berikan sabut kelapa atau daun cemara, atau lainnya sebagai bahan sarang yang nantinya akan dibuat oleh indukan blackthroat.

2.       Memilih indukan Blackthroat yang baik


Hal yang selanjutnya dalam Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah adalah memilih indukan Blackthroat yang baik. Dalam artian baik disini adalah memiliki umur yang cukup minimal 1 tahun. Memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit.

Dengan indukan yang baik tentunya akan melancarkan tujuan kita untuk melakukan hal ini. Jadi pilihlah indukan yang baik agar kita bisa berhasil dengan mudah.

3.       Membedakan mana Blackthroat jantan dan betina


Untuk cara membedakan burung Blackthroat ini hamper mirip dengan Burung Kenari, namun ada beberapa perbedaan yaitu warna bulunya saja. Untuk blackthroad jantan memiliki warna hitam pekat pada lehernya, sedangkan betina terlihat samar dan tidak terlalu pekat. Untuk lebih jelasnya baca artikel Cara Ternak Kenari Bagi Pemula 100% Sukses.

 

4.       Menjodohkan Burung Blackthroat


Untuk menjodohkan burung jenis ini sangat mudah, hanya dengan menempelkan sangkar kedua burung jantan dan betina selama beberapa hari, kurang lebih 7 hingga 14 hari. Jika kedua burung sudah mulai birahi, biasanya ditandai dengan saling menjawab kicauan antara jantan dan betina.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka anda bisa memasukan kedua indukan tersebut kedalam kandang penangkaran untuk memulai proses penangkaran. Usahakan pindahkan burung blackthroat kedalam kandang penangkaran ketika sore hari menjelang maghrib. Waktu tersebut merupakan waktu istirahat untuk burung dan dapat mengatasi stress ketika dipindahkan.

5.       Merawat burung blackthroat ketika dalam penangkaran


Langkah Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah berikutnya adalah merawat burung blackthroat ketika dalam penangkaran. Jika kita salah dalam merawat burung yang satu ini dalam penangkaran, akan membuat dampak yang sangat fatal seperti.

1.       Indukan betina yang tidak mau mengerami telurnya
Hal ini bisa diatasi dengan mengeluarkan jantan dari kandang penangkaran.
2.       Indukan betina yang membuang telurnya
Hal ini bisa diatasi dengan menjauhkan kandang penangkaran dari keramaian dan memisahkan indukan jantan dari kandang penangkaran.
3.       Indukan betina yang tidak mau bertelur
Hal ini bisa diatasi dengan menjodohkan kembali indukan betina dengan pejantan yang lain


Selain hal diatas, untuk merawat burung blackthroat ketika dalam penangkaran adalah dengan memberikan pakan yang dominan sayuran untuk indukan.

Ketika hal diatas sudah dilaksanakan, silahkan anda merawat blackhtroat dengan rutin dan menunggu hingga telur menetas dan melahirkan blackthroat baru.

Demikian artikel yang cukup singkat mengenai Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah yang dapat Ragam Ternak sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 Responses to "Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah"

  1. artikelnya sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  2. burungnya bagus gan .. kalau ane minatnya burung pleci gan .. suaranya wuihh ! sades .. Ngoahahahaaa

    ReplyDelete
  3. Jadi pingin pelihara nih burung,

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. kalo itu saya kurang tau. soalnya belum pernah coba gan. mungkin sedikit solusi, coba ganti betinanya dengan kenari. soalnya sering saya temukan artikel lainnya yang membahas tentang persilangan kenari dengan blackthroat

      Delete
  5. Minta tips dong suhu..cara penanganan induk betina sudah siap membuat sarang tapi setiap didekati pejantan selalu mengajak bertarung,posisi pejantan siap birahi ..cara penangananya bgmana?

    ReplyDelete