Cara Beternak Semut Jepang Untuk Obat Asam Urat


Cara Ternak Semut Jepang - Ragam Ternak
Cara Ternak Semut Jepang - Ragam Ternak


Belakangan ini sering dikabarkan serangga yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, asam urat, manjaga stamina tubuh, menstabilkan kolesterol, dan penyakit jantung. Serangga tersebut melainkan Semut Jepang, yang memiliki nama ilmiah Tonebrio Molitor atau biasa disebut dengan kutu beras.

Dalam artikel kali ini, Ragam Ternak akan membagikan informasi bagaimana Cara Beternak Semut Jepang Untuk Obat Asam Urat, karena banyaknya permintaan untuk Semut Jepang Sendiri dan penghasilan yang akan didapat dari kita beternak semut jepang juga tak kalah menggiurkan.

Bentuk Fisik Semut Jepang


Sekilas Semut Jepang (Tonebrio Molitor) memiliki bentuk fisik yang tidak menyerupai semut, melainkan sangat mirip dengan kutu beras. Hanya saja semut jepang memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dengan kutu beras.
Semut jepang memiliki sayap yang persis seperti kumbang, namun semut jepang tidak bisa terbang seperti kumbang bersayap lainnya. Untuk siklus pertumbuhannya juga relatif singkat, sehingga kita bisa lebih cepat memanfaatkan semut jepang untuk kebutuhan pengobatan.

Siklus pertumbuhan semut jepang berlangsung selama ± 1 bulan untuk menjadi anakan semut jepang (semut jepang muda). Siklus pertumbuhannya dari mulai larva kecil (ulat) >> Larva besar >> kepompong >> semut jepang muda berwarna putih >> semut jepang muda berwarna merah >> semut jepang dewasa berwarna hitam.


Bentuk Anakan (Larva) Semut jepang


Jika anda seorang pecinta burung kicau, tentu anda tidak akan asing dengan anakan (Larva) Semut Jepang, karena pada dasarnya larva semut jepang sangat mirip dengan EF(Extra Food) untuk burung kicau yaitu Ulat hongkong.

Sekilas memang sangat mirip, tetapi ada beberapa perbedaan yang membedakan keduanya, antara lain :

1.       Bentuk larva semut jepang lebih kecil dibandingkan Ulat hongkong
2.       Siklus pertumbuhannya lebih cepat daripada ulat hongkong

Jadi jangan salah untuk membedakan mana ulat hongkong dan mana larva semut jepang.


Untuk cara ternak semut jepang sendiri sangat mudah dan pastinya semua orang pasti dapat melakukan hal tersebut. Kali ini Ragam Ternak berkesempatan untuk membagikan ilmu untuk anda semua agar bisa membudidayakan Semut Jepang.

Baiklah tanpa banyak alasan, mari kita ulas satu persatu bagaimana Cara Beternak Semut Jepang Untuk Obat Asam Urat. Untuk cara ternak semut jepang sendiri memiliki bisa dilakukan dengan menggunakan toples plastik bekas makanan atau donat atau bisa menggunakan media lain tergantung keinginan anda.

Cara Ternak Semut Jepang Menggunakan Toples


Untuk Cara Beternak Semut Jepang, alangkah lebih baiknya kita menggunakan toples (jika anda ingin coba – coba terlebih dahulu). Caranya :

1.       Siapkan sebuah toples
2.       Kapas
3.       Ragi Tape
4.       Pisau atau paku
5.       Bibit / indukan semut jepang

Jika anda sudah menyiapkan bahan – bahan di atas, kita bisa memulai bagaimana Cara Beternak Semut Jepang.

1. Pertama – tama kita lubangi bagian tutup toples, fungsinya sebagai saluran fentilasi udara agar semut jepang tidak mati dan toples tidak terlalu lembab.
2.   Setelah anda melubangi tutup toples, silahkan masukan Kapas kedalam toples, usahakan penuh.
3. Setelah anda memasukan kapas, anda bisa memasukan bibit semut jepang kedalam toples berikut juga dengan ragi tape.
4.  Fungsi ragi tape sendiri sebagai pakan dari semut jepang itu sendiri.

Jika sudah seperti itu, diamkan saja toples yang berisi semut jepang tersebut, dan usahakan taruh di tempat yang sejuk yang memiliki suhu udaha kisaran 25 - 30 °C agar semut tidak mati karena kepanasan.

Biasanya dalam waktu 1 bulan, semut jepang akan berkembang biak. 10 ekor indukan semut jepang akan menghasilkan ± 200 ekor semut jepang dalam waktu 1 bulan. Setelah itu anda bisa memberikan pakan semut jepang 1 buah ragi saja dalam waktu 1 minggu sekali.

Bisa kita bayangkan berapa penghasilan kita tiap bulannya hanya dengan beternak semut jepang, selain praktis dan tidak membuang banyak waktu, budidaya semut jepang ini cukup menjanjikan. Jika kita hitung 1 ekor semut jepang Rp. 1000 maka penghasilan passif kita bisa Rp. 200.000 / bulan.

Harga semut jepang sendiri bervariasi tergantung daerah tempat tinggal anda sendiri untuk pemasaran semut jepang. Biasanya kisaran Rp. 1000 – Rp. 5000 / ekor.

Itu jika kita hanya memiliki 200 ekor semut jepang, jika kita punya ribuan semut jepang, hasilnya akan lebih besar lagi.
Selain Cara Beternak Semut Jepang, Ragam Ternak Juga akan membagikan cara konsumsi semut jepang untuk berbagai penyakit. Cara konsumsinya sebagai berikut.


Cara Konsumsi Semut Jepang


Semut jepang baru – baru ini menjadi hal yang lazim di kalangan masyarakat Indonesia karena banyak mengandung khasiat mengobati beragam penyakit seperti :

1.       Diabetes
2.       Asam Urat
3.       Penyakit Jantung
4.       Kolesterol
5.       Menjaga Stamina Tubuh

Untuk konsumsinya sendiri hanya dengan menaruh beberapa semut jepang kedalam gelas yang berisi air hangat, boleh juga menggunakan air teh. Atau jika anda yang merasa jijik dengan semut jepang jika dengan hal di atas, anda juga bisa memasukannya kedalam pil obat kosong.

Untuk jumlah berapa ekor semut yang harus anda konsumsi untuk mengobati penyakit yang anda derita, alangkah lebih baiknya konsultasikan dengan dokter terdekat untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.


Demikian mengenai artikel Cara BeternakSemut Jepang Untuk Obat Asam Urat yang bisa Ragam Ternak sampaikan dengan sedemikian rupa. Semoga bermanfaat !


Kesimpulan :


Kesimpulan yang dapat ditarik dari artikel ini adalah tenyata masih banyak obat yang bagus dan alami untuk mengobati penyakit yang selama ini kita anggap ganas dan menakutkan dan masih banyak peluang usaha yang bisa kita buat dengan modal kecil, tidak membuang banyak waktu untuk melakukannya.


“Rajinlah mencari Informasi untuk dijadikan sebagai bentuk pengetahuan baru, apalagi dibidang usaha”



“Ragam Ternak”

0 Response to "Cara Beternak Semut Jepang Untuk Obat Asam Urat"

Post a Comment