Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong

Kandang Ulat Hongkong

Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong à Artikel ini adalah berupa lanjutan mengenai 5 Langkah Cara Ternak Ulat Hongkong yang telah ditulis oleh Ragam Ternak pada kemarin. Dalam artikel ini kita akan mengetahui Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong yang biasanya digunakan oleh para peternak ulat hongkong di Indonesia.

Sebelum kita memulai membahas mengenai Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong, kita akan mengulas kembali mengenai ulat hongkong untuk mengingatkan anda pada artikel sebelumnya.

Ulat Hongkong (Mealworm) memang sangat terkenal dikalangan para kicau mania, karena memiliki kandungan protein tinggi yang bisa merangsang burung kicau untuk sering berkicau dan merangsang birahi burung untuk kawin (hal ini sering dilakukan oleh para peternak burung kicau)

Dengan kita mengulas kembali mengenai ulat hongkong, kita bisa mamulai untuk mengenal Siklus Pertumbuhan Ulat Hongkong

Siklus Pertumbuhan Ulat Hongkong

Siklus pertumbuhan ulat hongkong sendiri penting untuk kita ketahui karena ini adalah dasar dari kita untuk memulai Cara Ternak Ulat Hongkong. Dengan mengetahui siklus pertumbuhannya, kita akan dapat lebih mengenal ulat hongkong lebih dalam dan mampu memahaminya.

Siklus pertumbuhan ulat hongkong terdiri dari :

  à  Telur  à  Larva kecil  à  Larva besar  à
Kumbang dewasa  ß  Kumbang muda ß Kepompong

Siklus pertumbuhan tersebut kurang lebih berjalan sampai 3 – 4 bulan lamanya. Jadi silahkan berfikir kembali apakah anda ingin melanjutkan usaha ini atau tidak, jika anda memiliki tekad yang sangat bulat untuk melakukan hal ini, kita akan lanjutkan untuk lebih jauh tentang Cara Ternak Ulat Hongkong.

Setelah kita mengulas kembali mengenai ulat hongkong, sekarang kita bisa mamulai untuk mengenalo Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong yang biasa digunakan oleh para peternak ulat hongkong.

Kandang – kandang tersebut adalah sebagai berikut :

1.       Kandang Penangkaran Rak


Kandang penangkaran yang satu ini merupakan kandang yang banyak digunakan oleh para peternak ulat hongkong skala besar. Karena dengan kandang penangkaran yang satu ini terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan didalamnya diantaranya adalah :

Memiliki bentuk yang baik dan dapat mencegah datangnya semut pengganggu ulat hongkong
Dapat menempati tempat yang minimalis
Bisa menyimpan banyak ulat hongkong dalam satu kandang rak

Cara Membuatnya

Cara membuatnya sangat mudah, anda hanya membutuhkan beberapa papan, kayu triplek dan paku saja. Untuk ukuran bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

2.        Kandang Penangkaran Laci


Kandang penangkaran yang satu ini juga sering digunakan oleh para peternak ulat hongkong karena bentuknya yang sama persis dengan kandang penangkaran bentuk rak. Namun yang berbeda adalah kandang laci ini bisa kita buka tutup dan kita pindahkan kotak kandang ulat hongkong ke tempat lain.

Kandang laci ini memiliki beberapa variasi yaitu kandang laci kayu dan plastik. Jika anda ingin menggunakan kandang laci plastik, anda bisa membelinya saja ke toko peralatan rumah tangga terdekat.

Demikian mengenai artikel Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong yang dapat Ragam Ternak sampaikan. Semoga bermanfaat !

Note :

Dengan mengetahui kandang ternak untuk media ulat hongkong, kita bisa melakukan eksperimen lain dengan menggunakan kandang jenis lain yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebagai kandang penangkaran ulat hongkong. Anda juga bisa menggunakan toples atau media lain yang memiliki eksistensi yang sama.  

0 Response to "Jenis – Jenis Kandang Penangkaran Ulat Hongkong"

Post a Comment