Cara Ternak Jangkrik Dan Raup Keuntungannya

Cara Ternak Jangkrik Dan Raup Keuntungannya


cara ternak jangkrik
cara ternak jangkrik


Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara ternak jangkrik sederha yang dapat anda lakukan di rumah masing – masing dan tentunya haya dengan bermodal kecil dan bias menghasilkan keuntungan untuk anda sebagai usaha sampigan di rumah. Seperti yang kita ketahui,belakangan inimemang jangkrik sedang populer dikalangan para pembudidaya ternak karena banyaknya kebutuhan jangkrik untuk pakan burung, ikan,dan lainnya. Terutama untuk anda yang senang mengoleksi burung kicau dirumah cara ternak jangkrik ini cocok untuk dicoba seagai penghematan biaya untuk pakan burung anda.

Jangkrik merupakan hewan serangga herbivora yang bernafasmenggunakan trakea. Jangkrik juga disebut Cengkrik dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa latin biasa disebut dengan gryllidae. Hewan yang satu ini juga termasuk hewan nocturnal(hewan yang beraktivitas di malam hari). Hewan yang sering bersembunyi di balik semak –semak dan tumpukan daun kering ini ternyata isa kita ternak dan bisa dijadikan sebagai usaha dirumah. Penasaran bagaimana cara ternak jangkrik? Mari kita simak beerapa step untuk cara ternak jangkrik bagi pemula.

Cara ternak Jangkrik sederhana ini harus melalui beberapa step dan beberapa bahan yang dibutuhkan agar bisa berhasil. Cara ternak berikut juga bisa disebut dengan cara ternak jangkrik bagi pemula.

  1. Pembuatan Kotak / kandang
  2. Beli Indukan
  3. Peneluran
  4. Penetasan
  5.  Panen

1.     Pembuatan kotak / kandang


Proses pembuatan kotak / kandang ini isa anda buat sendiri,dan cara pembuatannya cukup mudah karena bahan yang digunakan isa anda beli di toko bangunan terdekat. Bahan -  bahan yang digunakan adalah Triplek, balok kayu, dan paku. Namun selain kandang triplek anda juga bisa menggunakan kandang teras yang mirip seperti bak mandi dirumah anda. Yang akan kita bahas disini adalah kandang triplek yang sering digunakanoleh para ternak jangkrik lainnya. Kandang tersebut bisa anda buat dengan ukuran yang anda inginkan asalkankandang terseut berbentuk balok yang terdiri dari 4 kaki yang tujuannya agar kandang terjauh dari binatang lain yang bisa mengganggu jangkrik. Seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Ciri kandang - cara ternak jangkrik
Ciri kandang - cara ternak jangkrik

Setelah anda buat kandang atau kotak jangkriknya silahkan balut bagian yang berwarna hitam pada gambar dengan lakban plastik kira – kira lebar lakban 10 cm seperti yang ada pada gambar di atas. Maksud memberikan lakban pada bagian atas kandang adalah agar jangkrik tidak bisa keluardari kandang dengan mudah. Saran saya buatlah dua kandang penangkaran untuk awal, kandang 1 untuk indukan dan kandang 2 untuk proses penetasan. Selain diberi lakan padaagian permukaan, anda juga harus member mangkuk – mangkuk kecil yang diisi dengan air atau yang lebih baik dengan oli bekas. Seelum oli dituagkan sebaiknya lapisi dulu kaki kandang dengan gelas plastic bekas air mineral atau lainya agar permukaan kayu tidak lapuk. Tempatkan kandang pada ruangan ataupelataran rumah yang terhindar dari cahaya matahari langsung dan tidak terkena air hujan agar jangkrik tidak mati.

2.     Beli indukan jangkrik


Langkah yang kedua adalah bagian yang sangat mudah untuk dilakukan :D. bagaimana tidak, anda hanya perlu membeli indukan kepada pengecer jangkrik yang biasanya dijual oleh penjual burung kicauan. Belilah  jangkrik indukan sebayak Rp. 10.000 saja, jika indukan jagkrik belum memiliki sayap, peliharalah dahulupada kandang yang sudah dibuat dengan memberi pakan sayuran atau pelet ayam (pur ayam) hingga semua indukan tadi memiliki sayap dan siap untuk bertelur. Ciri – ciri indukan terbagi dua yaitu indukan jantan dan indukan betina, biasanya untuk indukan jantan hanya memiliki ekor 2 buah dan bentuk sayap tidakberaturan atau teksturnya bulat – bulat pada permukaan sayapnya sertabisa mengeluarkan bunyi. Sedangkan ciri indukan betina memiliki ekor 3 dan tekstur sayarnya lurus vertical serta tidak dapat mengeluarkan bunyi.

3.     Peneluran


Indukan Jangrik - Cara Ternak Jangkrik
Indukan Jangrik - Cara Ternak Jangkrik
Proses peneluran ini bisa terjadi jika indukan sudah memiliki ciri – ciri ukuran perut indukan betina sudah besar. Cara agar jangkrik bisa bertelur adalah dengan menambahkan sebuah nampan yang berisi pasir yang sudah disaring dan diambil bagian halusnya saja. Semprotkan air padapermukaan pasir dan kemudian simpan padakotak yang berisi indukan. Lakukan penyemprotan air secara rutin pada pasir, jikapasir sudah disimpan padakandangindukan selama 2 hari, silahkan angkat nampan tersebut dan pisahkan dalam wadah yang lain, jikaanda ingin menambah telur agar lebih bayak lagi, silahkan lakukan hal yang sama. Namun perlu anda ingat 1 indukan betina jagkrik bisa menghasilkan 100 butir telur dalam waktu 1 malam, hanya dengan satu kali proses peneluran andasudahisamendapatkan banyaksekali telur jangkrik untuk ditetaskan. Kemudian jika anda sudah memisahkan telur jangkrik pada wadah lain, iarkan telur tersebut dalam posisi masih tercampur dengan pasir hingga kurag lebih 7 hari. Setelah 7 hari telur jangkrik sudah siap dipisahkan dari pasir dan ditetaskan.

4.     Penetasan



Penetasan Telur Jangkrik Media Kain
Penetasan Telur Jangkrik Media Kain
Penetasan adalah proses yang akanmenentukan untuk anda berhasil atau gagal dalam hal beternak jangkrik. Namun jika andamengikuti step by step cara ternak jangkrik pemula ini, anda akan berhasil membudidayakan jangkrik yang nantinya akan menjadi sebuah penghasilan untuk anda. Untuk cara penetasan sendiri terbagi menjadi beberapa cara yaitu dengan cara penetasan dengan media :

1.       Kain
2.       Pasir
3.       Koran

Ketiga carapenetasan tersebut bisa anda lakukan untuk caraternak jangkrik anda. Namun saya menyarankan anda menggunakan cara penetasan dengan media kain karena cara ini sagat efektif untuk menetaskan telur jangkrik dan banyak digunakan oleh para peternak jangkrik yang sudah sukses. Berikut adalah cara – cara penetasan dengan media tersebut.

  •  Media kain


 Cara penetasan yang satu ini dimulai dengan memisahkan telur dari pasir dengan cara memasukan telur yang tercampur dengan pasir kedalam ember / bak yang isi air,dan kemudian aduk – aduk dan saring telur jagkrik yang terapung dalam air dengan saringan teh. Setelah telur terpisah, silahkan keringkan telur terlbeih dahulu dengan kipas angin. Setelah kering, bungkus degan kain yang sudah digunting benjadi persegi kira – kira berukuran 30 x 30 cm atau sesuai keutuhan anda. Taruh teluryang dibungkus kain tersebut pada kandang yang sudah diberikan daun pisang kering atau karton bekas tempat telur yang sudah disusun, saya sarankan agar ada menggunakan karton bekas tempat telur ayam karena memiliki banyak ruang untuk jangkrik bersembunyi. Semprotkan air pada kain secara teratur agar tetap lemab. Tunggu selama 10 hari hingga telur tersebut menetas.

  • Media Pasir


Media pasir ini adalah cara penetasan telur jangkrik yang paling  mudah karena anda tinggal memindahkan nampan pasir yangsudah terdapat telur di dalamnya pada kandang yang sudah diberikan daun pisang kering atau karton bekas tempat telur yang sudah disusun dan semprotkan air secara teratur pada pasir. Tunggu hingga 10 hari hingga jangkrik menetas.

  • Media Koran


Penetasan menggunakan media Koran hampir sama dengan media kain. Yang memedakan adalah kita hanya membungkus telur jangkrik dengan Koran dan disimpan pada kandang yang sudah diberikan daun pisang kering atau karton bekas tempat telur yang sudah disusun.

5.     Panen


Proses panen ini akan anda alami jika anda berhasil melakukan step – step di atas, biasanya proses panen akan terjadi jika umur jangkrik sekitar 28 – 30 hari, namun jika anda memberikan pakan yang berkualitas, anda bisa mengalami proses panen lebih cepat dan berkisar 22 – 23 hari saja. Harga yang ditawarkan untuk jangkrik yang sudah siap dipanen adalah berkisar Rp. 30.000 hingga Rp. 45.000per kilo tergatung jenis jangkrik yang kita ternak.

Demikian bagaimana cara ternak jangkrik sederhana yang dapat saya jelaskan dan yang sudah saya alami dengan mencobanya sendiri dirumah yang kini memiliki 4 kandang penangkaran. Terimakasih atas kunjungannya semoga bermnfaat. Baca juga cara ternak jangkrik alam.

 Tags :
cara ternak jangkrik, cara ternak jangkrik alam, cara ternak jangkrik bagi pemula, vidio cara ternak jangkrik, www.cara ternak jangkrik, cara ternak jangkrik 2012,
jangkrik aduan, jangkrik genggong, jangkrik kalung, jangkrik aduan super, jangkrik alam, jangkrik mengalami pergantian, jangkrik adalah, jangkrik besar, jangkrik betina, jangkrik bertelur, jangkrik bunyi, jangkrik dewasa, jangkrik di dalam kamar, jangkrik di rumah, harga jangkrik d pasaran, jangkrik genggong waljinah, jangkrik hitam, jangkrik Indonesia, jangkrik indukan, jangkrik jantan, jangkrik kasir, jangkrik kawin, jangkrik kebun, jangkrik nama ilmiah, jangkrik petarung, jangkrik putih, jangkrik peliharaan, jangkrik pakan ikan, jangkrik petelur, jangkrik sawah, jangkrik sungu, jangkrik suara, jangkrik super, jangkrik ternak, jangkrik tanah, ternak jangkrik, jangkrik untuk pleci, jangkrik untuk kacer, jangkrik untuk murai batu, jangkrik untuk louhan, jangkrik untuk ciblek, jangkrik upa, jangkrik vs kroto, jangkrik Wikipedia, jangkrik walang, jangkrik waljinah, jangkrik yang bagus, jangkrik yg bunyi, jangkrik yang bunyi, jangkrik yang bagus untuk murai, jangkrik yang bisa bunyi, jangkrik yang bagus untuk kacer, jangkrik yg bagus, jangkrik Yogyakarta, jangkrik yang siap bertelur, jangkrik zone, harga jangkrik 1 kg, kandang jangkrik 1, harga jangkrik 1 kilo, 1 kg jangkrik berapa ekor, 1 kg telur jangkrik menghasilkan, 1 ons telur jangkrik menghasilkan, 1 kg telur jangkrik, jangkrik 2015, jangkrik 2012, jangkrik 2013, jangkrik 2014





0 Response to "Cara Ternak Jangkrik Dan Raup Keuntungannya"

Post a Comment