Cara Ternak Pleci Di Rumah Untuk Sampingan


Cara Ternak Pleci Di Rumah Untuk Sampingan

 
Cara ternak Pleci - Ragam Ternak
Cara ternak Pleci - Ragam Ternak
Kembali lagi di Ragam Ternak, kali ini kita akan membahas burung yang banyak digemari karena keindahan suaranya yang bervariasi dengan bentuk tubuh mungil dan elok. Burung tersebut merupakan burung Pleci atau yang memiliki nama lain (Burung Kacamata) yang memiliki nama ilmiah Zosterops.

Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara ternak pleci di rumah untuk sampingan. Mengapa saya katakan sebagai sampingan? Karena budidaya ini tidak memerlukan pengawasan ekstra setiap saat dan bisa ditinggalkan untuk pekerjaan lain yang menjadi prioritas utama bagi anda.

Karena pada dasarnya untuk merawat burung kita hanya fokus memberi makan, memberikan minum yang cukup, dan rutin membersihkan kandang atau sangkar burung. Jadi kita tidak perlu repot untuk setiap saat mengawasi usaha sampingan kita yang satu ini.


Hal ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Cara Ternak Blackthroat Dengan Mudah, yang dimana pada artikel tersebut ada seorang visitor yang berkomentar lebih menyukai burung pleci dibandingkan Blackthroat karena suaranya yang sadis dan mantap. Hehe

Baiklah untuk memepersingkat waktu kita mulai bahas satu per satu bagaimana caraternak pleci di rumah untuk sampingan. Untuk ternak pleci sendiri sebenarnya gampang – gampang susah, karena tergantung kita memilih indukan dan bereksperimen agar usaha kita ini berhasil mulus tanpa hambatan apapun.

Langkah – langkah Cara Ternak Pleci


Untuk cara ternak pleci ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan wajib untuk dilaksanakan agar kita bisa berhasil dalam menjalankan hal ini. Hal – hal yang harus diperhatikan adalah :

1.       Indukan Pleci yang sudah cukup umur (kira – kira usia pleci indukan harus sudah 1 tahun)
2.       Kandang penangkaran lengkap dengan tempat sangkar dan bahan sangkar
3.       EF ( Extra Food) atau biasa disebut pakan anyir jika di daerah saya

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk cara ternak pleci. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut :

Menyiapkan Kandang Penangkaran


Hal yang pertama harus anda siapkan untuk ternak pleci adalah menyiapkan kandang penangkaran, entah itu kandang penangkaran untuk menjodohkan indukan terlebih dahulu dan kandang penangkaran untuk proses ternak pleci. Sebaiknya persiapkan kedua jenis kandang tersebut.


Untuk kandang penangkaran untuk menjodohkan sebaiknya gunakan kandang gantung yang biasa untuk pleci seperti biasanya. Sedangkan untuk kandang penangkaran proses ternak pleci, anda bisa memilih beberapa tipe kandang sebagai berikut :

1.       Kandang gantung (untuk anda yang hanya ingin ternak kecil – kecilan)
2.       Kandang kotak seperti kandang untuk ternak kenari (untuk anda yang ingin ternak besar)

Jika sudah mempersiapkan kandang penangkaran, anda siap untuk melanjut ke langkah selanjutnya.



Pemilihan Indukan


Setelah kandang penangkaran disiapkan, anda dituntut untuk memilih indukan yang bagus dan berkualitas (ciiee dituntut, emang kena kasus apa bang? :D). untuk indukan pleci yang bagus adalah memiliki usia yang cukup kisaran 1 tahun atau lebih.

Mengapa harus 1 tahun? Karena jika indukan berusia kurang dari 1 tahun, kemungkinan besar anda akan gagal dalam hat ternak pleci. (ngeri kan? Makanya nurut aja! :D). jika sudah mendapatkan indukan yang cukup umur, hal yang tak kalah penting lainnya adalah membedakan mana jenis pleci jantan dan betina.


Untuk ara membedakannya adalah sebagai berikut :

Ciri – ciri Pleci Jantan


1.       Memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar dari pleci betina
2.       Sering berkicau bila disandingkan dengan pleci betina
3.       Pada bagian sekeliling mata memiliki warna putih yang tebal
4.       Jika anda meniup pada bagian dubur pleci terlihat lebih menonjol
5.       Pada bagian leher pleci memiliki warna hitam pada bagian kanan dan kiri

Ciri – ciri Pleci Betina


1.       Memiliki tubuh lebih kecil dibandingkan pleci jantan
2.       Suara kicau tidak memiliki banyak variasi
3.       Pada bagian leher tidak memiliki warna hitam
4.       Jika anda meniup pada bagian dubur pleci, akan terlihat tumpul
5.       Pada bagian sekeliling mata memiliki warna putih yang tidak begitu tebal

Cara Menjodohkan Pleci


Setelah memilih indukan dan membedakan jenis kelamin pleci, sekarang kita tinggal langsung saja untuk memasukan indukan tersebut ke kandang penangkaran untuk proses penjodohan, dan mulai menjodohkan pleci.

Masa perjodohan ini berlangsung selama kurang lebih 1 – 2 minggu dengan mendekatkan kandang jantan dan betina. Dalam masa ini, berilah EF (Extra Food) makanan tambahan berprotein tinggi seperti kroto dan ulat hongkong (kandang).

Setelah didekatkan selama 2 minggu, silahkan pisahkan kandang betina dan jantan secara berjauhan dan jangan sampai terlihat satu sama lain. Hal ini untuk mengetes seberapa besar tingkat birahi indukan.

Ciri indukan yang birahai bisa dilihat dengan tingkah laku jantan yang gelisah ketika dipisahkan dengan betina, begitu pula dengan betina. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka anda hampir berhasil dalam menjodohkan pleci.


Jika sudah melakukan hal tersebut, anda bisa menyatukan kedua indukan kedalam kandang penangkaran proses ternak pleci yang sudah diberi serabut nanas, jewawut atau yang lainnya dan tempat sangkar.

Amati tingkah laku pleci ketika dalam sangkar proses ternak, jika jantan terlihat agresif dan memaksa betina untuk kawi. Anda harus memisahkannya kembali dan mengurangi pemberian EF (Extra Food).

Jika berhasil, anda akan melihat jantan yang merayu betina dengan membawa serabut nanas atau bahan sarang lainnya untuk dibuat sarang kepada sang betina. Biasanya jika terjadi hal tersebut, tidak lama kemudian akan terjadi perkawinan.

Tidak lama kemudian pleci betina akan bertelur dan akan menetas anakan pleci yang nantinya bisa anda jadikan sebagai peluang usaha sampingan baru anda di rumah.

Demikian mengenai bagaimana cara ternak pleci di rumah untuk sampingan. Yang bisa Ragam Ternak sampaikan dengan sedemikian rupa. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan :


Hal diatas kemungkinan akan membuat anda berhasil dalam ternak pleci, namun bisa berkemungkinan gagal juga, tergantung anda mencermati kembali langkah – langkah di atas dan jika terjadi kegagalan, anda mau untuk mencoba kembali. Inti dari kesimpulan ini adalah jangan pernah berhenti untuk berusaha untuk mewujudkan hasrat yang ingin anda capai.

8 Responses to "Cara Ternak Pleci Di Rumah Untuk Sampingan"

  1. Baru tahu yang namanya Pleci ane, wkwkwk . Thanks Gan :v .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cewek mungkin jarang yang tau, ini hobi para lelaki. hehe

      Delete
  2. saya salah satu pemelihara burung namun disini saya masih belum punya yang namanya burung pleci, yang saya tau burung ini memiliki suara kecil namun melengking

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba pelihara dan di budidayakan gan. siapa tau aja bisa sukses

      Delete
  3. sangat ,,,membantu ane dalam beternak

    ReplyDelete
  4. dulu pelihara sekarang bukan pleci lagi, d tempat saya harganya rendah Gan. Memang untuk sampingan memelihara burung juga lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, di daerah saya malah lagi naik gan. kalo pleci yang udah gacor itu bisa sampe 500K

      Delete