Cara Ternak Kroto Yang Praktis Untuk Pemula

Cara Ternak Kroto Yang Praktis Untuk Pemula

Cara Ternak Kroto Bagi Pemula
Cara Ternak Kroto Bagi Pemula
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara ternakkroto, tahukah Anda yang dimaksud dengan kroto? Bagi yang belum tahu, kroto merupakan campuran dari telur dan larva yang dihasilkan oleh semut rangrang. Budidaya kroto saat ini memang populer sebagai peluang usaha yang menjanjikan, karena selain tidak menyita waktu, ternak kroto juga tidak membutuhkan banyak tenaga.


Dalam menerapkan cara ternak kroto yang praktis, Anda juga harus tahu bahwa tidak semua jenis semut dapat menghasilkan kroto yang umumnya digunakan sebagai pakan burung atau ikan. Hanya semut rangrang jenis tertentu yang berhasil dibudidayakan secara luas yaitu jenis Oecophylla Smaragdina. Jenis ini tersebar luas mulai dari Asia hingga ke Australia.


Persiapan Ternak Kroto


Karena sifat semut rangrang adalah gemar berkoloni, maka hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara ternak kroto adalah perhatikan kestabilan koloninya. Caranya dengan membuatkan mereka sarang buatan atau kandang dari toples, bambu, paralon dan lain sebagainya. Sarang ini juga dimaksudkan agar mudah bagi Anda mengontrol proses ternak kroto itu sendiri.

Selanjutnya tahapan tentang cara ternak kroto adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan bibit koloni


Bibit koloni ini dapat ditemukan di alam bebas atau membeli dari peternak kroto lain. Untuk mendapatkan bibit koloni di alam bebas tentunya bukan perkara mudah dan ada kiat-kiat tertentu, karena seiring dengan permintaan kroto yang membludak dari waktu ke waktu, dan begitu antusiasnya orang mempelajari cara ternak kroto, maka bibit koloni pun menjadi semakin langka.

Agar cara ternak kroto berjalan lancar, bagi Anda para pemula disarankan untuk membeli bibit koloni ke peternak lain terlebih dahulu. Bibit koloni umumnya dijual dalam kemasan botol plastik atau toples. Harganya relatif mahal yaitu sekitar Rp 150 – 200 ribu untuk satu botol plastik berukuran 1 liter.

Pastikan bibit koloni tersebut lengkap, yaitu terdiri dari anggota-anggota koloni seperti ratu semut, semut pekerja, semut prajurit dan semut jantan. Tujuannya adalah agar semut dapat bertelur dengan sempurna, sehingga cara ternak kroto pun tepat pada sasaran.

2. Pembuatan kandang untuk ternak kroto



Salah satu cara ternak kroto adalah memperhatikan pula cara pembuatan kandangnya. Sebenarnya kandang kroto dapat dibuat dalam beberapa media seperti paralon, toples atau bambu. Setiap bahan media yang digunakan membuat kandang memiliki beberapa keunggulan dan kekurangannya masing-masing.


Jika dilihat dari kemudahan bahan yang tersedia, maka toples adalah pilihan yang paling banyak digunakan peternak. Karena toples mudah didapatkan dan mudah digunakan. Nah, sekarang kita akan membahas caraternak kroto menggunakan toples agar lebih mudah dan praktis.
Alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah :

  • Toples, bebas ukuran dan transparan.
  • Nampan
  • Lakban
Berikut adalah contoh kandang kroto untuk referensi :

Cara Ternak Kroto Bagi Pemula
Cara Ternak Kroto Bagi Pemula

Cara Ternak Kroto Bagi Pemula
Cara Ternak Kroto Bagi Pemula

3. Tahapan meletakkan koloni


Tahapan pertama dalam cara ternak kroto adalah melubangi toples. Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 5 – 7 cm, kemudian tutuplah lubang tersebut dengan lakban. Selanjutnya, masukkan bibit koloni yang sudah disiapkan ke dalam toples lalu tutup dengan rapat. Pastikan koloni semut sudah lengkap.

Tahapan kedua dari cara ternak kroto adalah menyiapkan nampan plastik. Isilah nampan dengan air yang tingginya setengah dari tinggi sisi nampan itu sendiri. Letakkan batu bata di tengah-tengah nampan yang terisi air tersebut. Tujuan pemberian air adalah agar semut tidak mudah melarikan diri saat dipindah lokasi.

Selanjutnya, letakkan toples yang telah berisi bibit koloni tersebut diatas batu bata dengan posisi terbalik, yaitu bagian toples yang dilubangi menempel pada permukaan batu bata. Kemudian setelah posisi toples benar-benar tegak, lepaslah lakban penutupnya agar semut bebas keluar mencari makan.


Namun, cara ternak kroto akan lebih praktis lagi jika Anda membeli bibit koloni langsung bersama toplesnya ke peternak lain. Dan biasanya memang mereka menjual bibit sekaligus dengan toplesnya. Anda pun tinggal menaruh toples pada rak yang disediakan.

4. Memberi makan koloni


Cara Ternak Kroto Bagi Pemula
Cara Ternak Kroto Bagi Pemula

Langkah selanjutnya dalam cara ternak kroto adalah memberi makan koloni. Makanan untuk koloni bisa berupa serangga mati seperti jangkrik, kecoa, ulat ataupun sisa-sisa makanan.

Selain itu, salah satu cara ternak kroto agar cepat panen adalah dengan memberi nutrisi tambahan berupa campuran gula dengan madu. Gunakan gelas plastik bekas air mineral untuk wadah nutrisi tersebut dan letakkan di samping toples, agar memudahkan semut menjangkaunya.

Untuk satu toples kecil tempat koloni semut menghasilkan rata-rata panen kroto seberat 1 ons. Sehingga Anda dapat menghitung sendiri berapa toples yang Anda miliki plus hasilnya dikali harga jual kroto di pasaran.

Demikian ulasan singkat tentang cara ternak kroto yang praktis untuk pemula. Semoga menambah wawasan Anda untuk memulai ternak kroto.




Tags :

kroto super,kroto untuk kenari,kroto untuk kacer,kroto semut,kroto adalah,kroto untuk pleci,kroto rangrang,kroto apa itu,kroto apa,kroto buat kenari,kroto buat kacer,kroto budidaya,kroto buat lovebird,kroto dalam toples,kroto dari alam,kroto di pohon,kroto Indonesia,kroto indukan,kroto itu apa sih,induk kroto, ternak kroto media toples,ternak kroto media bamboo,ternak kroto tanpa ratu rangrang,ternak kroto toples tanpa ratu,ternak kroto tanpa pohon,ternak kroto pemula,ternak kroto media botol,ternak kroto modern,ternak kroto ternak kroto,ternak kroto alam,ternak kroto rangrang,ternak kroto angkrang,ternak kroto angrang,beternak kroto angkrang,ternak kroto dari alam,ternak kroto botol aqua,ternak kroto bibit dari alam,ternak kroto cepat,ternak kroto dalam toples,ternak kroto d toplesinfo ternak kroto,ilmu ternak kroto,informasi ternak kroto,ternak kroto krangkang,langkah ternak kroto

0 Response to "Cara Ternak Kroto Yang Praktis Untuk Pemula"

Post a Comment