Cara Ternak Anak Bebek Yang Baru Menetas



Cara Ternak Anak Bebek Yang Baru Menetas

Cara Ternak Anak Bebek - Ragam Ternak

Cara Ternak Anak Bebek - Ragam Ternak

 

Ini adalah artikel lanjutan dari Cara Ternak Bebek Dengan Mudah Bagi Pemula yang pernah di posting oleh Ragam Ternak baru – baru ini. Artikel  Cara Ternak Anak Bebek Yang Baru Menetas ini akan menjelaskan bagaimana cara merawat anak bebek yang baru menetas mulai dari umur 1 hari hingga berumur 14 hari dan siap untuk dipasarkan kepada para peternak bebek lain yang membutuhkan bibit bebek yang unggul untuk dibudidayakan kembali.

Anak bebek ini memang binatang yang rewel sehingga kita harus tau bagaimana Cara Ternak Anak Bebek Yang Baru Menetas, karena jika kita melakukan kesalahan dalam merawat anak bebek yang satu ini, kita akan mengalami hal yang tentunya tidak ingin kita hadapi.


Hal burung yang dapat terjadi jika kita salah penanganan dalam hal ini, kemungkinan besar anak bebek yang kita ternak atau pelihara akan mati. Lalu bagaimana cara untuk mencegah hal tersebut terjadi? Mari kita simak beberapa langkah berikut ini.

1.       Anak bebek usia 1 hingga 7 hari


Di usia ini, anak bebek sangat membutuhkan perhatian yang ekstra, sama seperti di alam bebas, anak bebek usia 1 hingga 7 hari membutuhkan udara yang hangat untuk melindungi tubuhnya. Jika di alam bebas hal ini dilakukan oleh induknya dengan mengeraminya.

 Namun jika kita yang memelihara anak bebek tersebut, tentunya akan sangat berbeda dengan yang sebenarnya. Caranya dengan memindahkan anak bebek tersebut kedalam kotak yang terbuat dari kardus bekas makanan atau elektronik.

Namun usahakan kardus tersebut memiliki ukuran yang cukup besar agar anak bebek dapat leluasa bergerak kesana kemari di dalam kardus tersebut. Selain ditempatkan kedalam kotak kardus, anda juga harus menambahkan lampu bohlam 5 watt atau lebih sebagai penghangat tubuhnya. Tinggi bohlam tersebut harus 15 cm dari permukaan dasar kardus.

Berikan juga pakan starter untuk unggas yang dapat anda beli di toko ternak terdekat. Dan beri air untuk minum anak bebek tersebut. Gunakan tempat air minum yang biasa digunakan untuk peternak ayam. Dan awasi anak bebek dalam kotak kardus tersebut setiap hari untuk melihat perkembangannya.


2.       Anak bebek usia 7 hingga 14 hari


Untuk anak bebek usia 7 hingga 14 hari, kita agak sedikit tenang untuk merawtnya. Karena dengan usia tersebut, bebek akan mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Biarkan anak bebek tersebut berada pada kotak kardus yang anda sediakan.

Namun jika kardus tersebut sudah mulai rusak, ganti dengan kardus lainnya, atau anda bisa memindahkan anak bebek ke kandang yang terbuat dari bamboo yang sekelilingnya sudah diberikan kardus sebagai penghalang udara yang masuk yeng dapat menggangu kesehatan bebek ketika malam hari.


Namun untuk lampu bohlam yang telah anda pasang, anda bisa mematikannya ketika siang hari. Dan nyalakan lampu tersebut jika malam hari saja. Dan berikan pakan dan air yang cukup untuk tetap menjaga kesehatan anak bebek.

Jika anak bebek sudah berumur 14 hari, anda bisa memasarkan anak bebek tersebut ke peternak lain yang membutuhkan bibit bebek untuk diternakan. Demikian artikel yang sangat singkat ini mengenai Cara Ternak Anak Bebek YangBaru Menetas jangan lupa baca artikel lainnya di Ragam Ternak.



2 Responses to "Cara Ternak Anak Bebek Yang Baru Menetas"

  1. Keren-keren sebagai literatur usaha

    ReplyDelete
  2. ayo buka usaha ternak gan, tapi saran saya ternak yang nggak nguras waktu aja kayak Ternak Jangkrik dan kroto

    ReplyDelete