Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo


Cara Ternak Cucak Ijo - Ragam Ternak
Cara Ternak Cucak Ijo - Ragam Ternak
Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo – Para hobi kicau burng pasti tidak akan asing lagi mengenal jenis burung yang satu ini, selain memiliki bentuk fisik yang menarik, cucak ijo juga memiliki suara yang khas dan enak didengar oleh telinga.

Cucak ijo sendiri memiliki habitat asli di hutan lepas yang jauh dari keramaian aktivitas manusia. Namun meski begitu, cucak ijo sering dijadikan primadona oleh para pecinta kicau burung sebagai hewan peliharaan di rumah.

Kali ini Ragam Ternak akan membagikan informasi Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo. Namun sebelum kita memulai bagaimana cara ternak cucak ijo, alangkah lebih baiknya kita mengenal karakteristik cucak ijo itu sendiri.

Bentuk Fisik Cucak Ijo


Burung yang satu ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati  dengan bentuk fisik cucak ijo sendiri memiliki paruh yang lancip dan hitam pekat pada bagian wajah hingga leher. Sedangkan warna tubuhnya dikelilingi warna hijau dengan warna hitam agak keabu – abuan dibagian sayapnya.

Untuk kakinya sendiri memiliki bentuk kaki yang kecil dan tidak begitu panjang dengan warna hitam pekat. Panjang tubuh cucak ijo berkisar antara kurang lebih 22 cm dari ujung paruh hingga ujung ekor. Untuk jantan dan betinanya tidak jauh berbeda dan relatif memiliki fisik yang mirip.


Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina


Dalam hal cara ternak cucak ijo anda juga harus mengetahui mana cucak ijo jantandan mana cucak ijo betina. Karena dengan anda mengetahui hal tersebut, anda akan berhasil untukmembudidayakan cucak ijo dengan baik.

Untuk cara membedakannya sendiri sangat mudah sekali dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Anda hanya tinggal melihat bagian warna bulu yang berada di sekitar dagu dan leher burung cucak ijo.

Untuk cucak ijo jantan, memiliki bulu berwarna hitam pekat pada bagian dagu dan lehernya. Berbeda dengan cucak ijo betina yang hanya memiliki bulu warna hijau pada bagian dagu dan lehernya.

Selain itu, anda juga harus cermat membedakannya dengan cara meniup pada bagian dubur burung cucak ijo. Mengapa begitu? Karena perbedaan lain pada cucak ijo bisa dilihat pada bagian tersebut dan hampir semua jenis burung bisa dibedakan dengan hal ini.


Jika anda meniup pada bagian dubur burung cucak ijo jantan, anda akan melihat bagian yang menonjol. Namun jika anda melakukannya pada burung cucak ijo betina, anda akan melihat bagian yang tumpul.

Jika anda sudah memahami hal di atas, anda bisa memulai untuk melakukan Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo yang akan Ragam Ternak sampaikan kali ini.

Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo


Untuk cara ternak cucak ijo ada beberapa yang harus anda perhatikan dan tidak boleh terlewatkan. Karena cara ini penting untuk anda lakukan dan akan membuat anda sukses dalah hal ternak. Hal – hal yang harus anda perhatikan antara lain adalah :

1.       Memilih indukan cucak ijo yang berkualitas
2.       Menyiapkan kandang penangkaran
3.       Menjodohkan burung cucak ijo
4.       Pemberian pakan ekstra
5.       Merawat kebersihan kandang

Untuk lebih jelasnya kita ulas satu – persatu hal – hal di atas agar mudah dipahami oleh anda.


1.       Memilih Indukan Cucak Ijo Yang Berkualitas


Untuk memilih indukan cucak ijo yang yang berkualitas, anda harus mengikuti langkah berikut ini :

  • Usahakan memilih indukan jantan yang berumur ± 2 tahun dan betina 1 tahun
  • Pastikan tidak ada cacat fisik antara kedua indukan tersebut
  • Memiliki tubuh yang sama besar
  • Pilihlah jantan yang sering berkicau



2.       Menyiapkan kandang


Untuk menyiapkan kandang dalam cara ternak cucak ijo, anda harus menyiapkan 2 jenis kandang ternak. Dua jenis kandang itu antara lain adalah kandang gantung  dan kandang penangkaran besar. Fungsi kedua kandang tersebut adalah untuk menjodohkan dan menangkar kedua indukan cucak ijo.

Untuk kandang penangkaran besar, usahakan memiliki ukuran tnggi 2,5 m, lebar 1,2 m, dan didalamnya disediakan pohon kecil (bisa pohon mangga, sawo, belimbing dan lainnya), tempat pakan dan minum, tempat sarang burung (kotak sarang seperti kenari), tempat mandi burung, dan tangkringan serta serabut untuk bahan sarang(bisa menggunakan serabut nanas, daun cemara, serabut kelapa dan lainnya).



3.       Menjodohkan burung cucak ijo


Tips cara menjodohkan burung cucak ijo agar berhasil adalah sebagai berikut :

  • Dekatkan kedua indukan yang sudah anda pilih kedalam sangkar gantung
  • Hal ini bisa berlangsung ± 2 minggu
  • Jika jantan sudah mulai birahi / berkicau merayu betina dan betina merespon jantan
  • Anda bisa menyatukan kedua indukan kedalam kandang penangkaran besar yang sudah disiapkan
  • Usahakan ketika menyatukan kedua indukan pada waktu petang menjelang maghrib
  • Jika perilaku jantan terlihakt agresif, kurangi pemberian EF (Extra Food) dan pisahkan keduanya bila perlu anda ganti dengan indukan yang lainnya


4.       Pemberian pakan ekstra (Extra Food)


Pemberian paka ekstra juga sangat berpengaruh pada proses ternak cucak ijo, karena dengan pemberian pakan ekstra akan merangsang birahi kedua indukan untuk kawin. Jangan lupa beri pakan yang cukup dan  air yang cukup.

Pemberian pakan ekstra ini biasanya dilakukan pada saat masa penjodohan agar keduanya cepat birahi dan siap untuk disatukan kedalam kandang penangkaran khusus.



5.       Merawat kebersihan kandang


Merawat kebersihan kandang juga tak kalah penting dalam cara ternak cucak ijo, karena dengan kebersihan kandang penangkaran, burung cucak ijo akan terbebas dari virus yang menyerang dan dapat menggagalkan usaha kita dalam hal tersebut.

Usahakan bersihkan kandang dari kotoran cucak ijo setiap 2 – 3 hari sekali pada waktu sore hari atau petang agar tidak membuat stress indukan cucak ijo ketika dalam kandang penangkaran.


Hal hal di atas bisa berlangsung selama 1 bulan atau lebih, atau juga anda bisa lebih cepat melihat cucak ijo kawin dan bertelur lalu menetaskan anakan cucak ijo baru yang akan menjadi peluang anda untuk usaha ternak di rumah.

Cara di atas tidak bisa menjadi patokan besar untuk anda yang belajar dalam hal Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo. Silahkan mencari referensi lain jika artikel diatas dikira kurang lengkap dan kurang dimengerti. Anda juga bisa melihat beberapa tutorial dari YouTube agar mudah dipahami dengan jelas.


Note :


Dari cara Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo di atas bisa anda adopsi untuk menjadi dasar pengetahuan anda mengenai budidaya cucak ijo. Jika dirasa artikel di atas begus untuk anda, anda bisa beri penilaian plus pada artikel ini. dan berikan komentar kepuasan anda pada kolom komentar.


“Salam Berbagi”


0 Response to "Tutorial Cara Ternak Cucak Ijo"

Post a Comment